Elang Khatulistiwa Jelajah ke Nusa Tenggara Barat

Jakarta - ELANG KHATULISTIWA JELAJAH KE NUSA TENGGARA BARAT. Skadron udara 1 Lanud Supadio Pontianak libatkan 5 pesawat tempur Hawk 100/200 “Elang Khatulistiwa” dalam latihan  yang bertajuk “Elang Jelajah” ke wilayah Nusa Tenggara Barat.

Latihan ini di gelar bertujuan untuk menyiapkan dan mengoperasikan pesawat tempur taktis baik untuk operasi lawan udara ofensif, operasi pertahanan udara dan operasi dukungan udara sesuai tupok Skadud 1 guna meningkatkan kemampuan operasional Skadud 1 serta untuk meningkatkan kemampuan dan menambah pengalaman terbang bagi penerbang tempur dalam melaksanakan terbang navigasi jarak jauh dari satu tempat ke area lain.

Komandan Pangkalan TNI AU  Rembiga Letkol Pnb Ardi Syahri, ST, MM, MMA menyambut langsung kedatangan pesawat-pesawat penjaga kedaulatan NKRI ini di BIL, dan mengatakan bahwa latihan operasi udara yang di laksanakan oleh skadron udara 1 dengan pesawat tempur Hawk 100/200 di wilayah sekitar Provinsi Nusa Tenggara Barat bertujuan untuk menjaga kedaulatan NKRI, terlebih NTB ini termasuk dalam Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II, untuk itu diperlukan kesiapsiagaan yang sifatnya terus menerus dan berkesinambungan sehingga diharapkan tindakan pelanggaran oleh Negara lain dapat diketahui sejak dini dan selanjutnya dapat dicegah.

Misi yang diemban Skadron Udara 1 dalam Latihan Jelajah terbang ini  diawali penerbangan dari home base Elang Khatulitiswa di Pontianak menuju ke Balik Papan lanjut ke Kendari kemudian  dilanjutkan penerbangan pagi hari menuju ke Makassar dan dilanjut langsung ke Bumi Gora NTB  dan mendarat di Bandara Internasional Lombok. Selanjutnya Hawk 100/200 Elang Khatulistiwa akan mengikuti Fly Pass dalam rangka HUT TNI Ke-70 di Jakarta.

Latihan ini melibatkan sebanyak  61 personil terdiri dari 12 penerbang dan 48 orang teknisi juga ground crew dimana di dukung 2 unit C-130 dari skadron udara 31 dan skadron udara 32.  Dan 5 Pesawat tempur yang dilibatkan dalam latihan ini yaitu, 1 pesawat Hawk 100 (TL-0113) dan 4 pesawat Hawk 200 (TT-0221, TT-0226, TT-0232 dan TT-0233.).

Related

TNI 8607640093756617831
jasa-ekspedisi
Ajang Berita

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

Jumlah Pengunjung

item