Sang Jenderal Tinggalkan Kenangan Manis Bagi Ciliwung

Jakarta - Sang Jenderal Tinggalkan Kenangan Manis Bagi Ciliwung. Peran dari Pucuk Pimpinan Kodam Jaya Letnan Jenderal TNI Agus Sutomo SE dalam pemulihan dan normalisasi Ciliwung amatlah sentral dan penting. Bagaimana tidak, setelah hampir tidak ada yang peduli dengan kondisi Ciliwung yang rusak parah, hadir sosok Pangdam Jaya yang menjadi pelopor dalam operasi besar besaran pemulihan Ciliwung.

Sejak Desember 2014 seluruh kekuatan yang ada di Kodam Jaya baik personel maupun peralatan dikerahkan. Disamping itu Pangdam Jaya juga menggandeng pihak pihak lain untuk turun ke Ciliwung seperti dari Pemda DKI, pelajar, mahasiswa, pramuka, LSM, yayasan Budha Tzu Chi dan organisasi kemasyarakatan lainnya. Sampai sekarang kegiatan pembersihan Ciliwung masih terus berjalan.


Kodam Jaya tidak hanya membersihkan kali, tetapi membenahi akar masalah Ciliwung yaitu merubah pola pikir masyarakat sekitar Ciliwung yang selama ini terbiasa buang sampah di sungai untuk stop buang sampah ke sungai. Hal ini dilakukan melalui edukasi yang tiada henti kepada masyarakat.

Disamping itu Kodam Jaya memberikan tong tong sampah pada warga dan juga menyiapkan gerobak untuk mengambil sampah dari warga. Sehingga warga tidak perlu jauh jauh buang sampah ke kali, cukup buang sampah di tong sampah yang sudah siapkan nanti akan ada gerobak sampah yang mengambil sampah.

Letjen Agus memfungsikan Airboat sebagai moda angkutan air Ciliwung
 Kini setelah 9 bulan Kodam Jaya turun tangan, wajah Cilwung berubah, jika dulu air Ciliwung Keruh dan penuh sampah kini aliran air Ciliwung relatif lancar. Jika pintu air di Manggarai dulu penuh tumpukan sampah sampai sampai disiagakan alat berat untuk angkat sampah dari kali sekarang sudah tidak ada lagi sampah menumpuk di pintu air, bahkan alat berat sudah ditarik.


Jika dulu hanya ikan sapu sapu yang mampu bertahan hidup karena sangat buruknya kualitas air, sekarang ini sudah banyak jenis ikan lainnya yang hidup di Ciliwung. Indikatornya adalah makin banyak pemancing yang datang ke Ciliwung. Hal ini menandakan pencemaran di Ciliwung sudah jauh berkurang.

Letjen Agus Sutomo Kembangkan penyulingan air siap minum bagi warga Ciliwung
Disamping normalisasi dan pembersihan Ciliwung yang sukses, banyak lagi inovasi yang dibuat oleh Letjen Agus Sutomo seperti memfungsikan airboat sebagai moda baru transportasi air Jakarta, pembuatan instalasi air bersih siap minum bagi warga sekitar Ciliwung dan masih banyak lagi inovasi yang dibuat dan bermanfaat bagi warga.

Semua ini bisa terjadi berkat hadirnya sosok Pangdam Jaya Letjen TNI Agus Sutomo SE yang sangat peduli pada Ciliwung sehingga hasilnya bermanfaat bagi masyarakat luas. Sehingga mimpi kita menjadikan Ciliwung sebagai ikon baru pariwisata Jakarta, sarana moda transportasi air, sumber baku air minum Jakarta akan segera terwujud.

Sumbangsih dan kerja Letjen Agus Sutomo akan selalu dikenang Ciliwung dan warga Jalarta. Dan semua pondasi yang sudah Letjen Agus Sutomo buat semoga akan diteruskan.

Related

Tokoh 850615690705615826
jasa-ekspedisi
Ajang Berita

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

Jumlah Pengunjung

item