Lapan Tawarkan Semangat Gemar Baca

Jakarta - Lapan menyelenggarakan living library dan book talk bertema “Book and Me: Book Inspiring Me” sebagai pembicara Kepala Lapan, Prof. Dr. Thomas Djamaludin, M.Sc, sebagai sosok yang gemar membaca dan banyak menghasilkan karya tulis di berbagai media, buku yang didiskusikan karya peneliti Lapan, Prof. Dr. Ir. Eddy Hermawan, M.Sc yang berjudul “Indeks Monsun, Asia-Australia dan Aplikasinya”.

Acara itu diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke-52 Lapan 27 November nanti, dan hari gerakan nasional membaca yang dicanangkan Presiden Megawati tahun 2002 lalu. Selain itu juga dilatarbelakangi semangat meningkatkan minat baca dan kecintaan terhadap dunia antariksa.


Prof. Dr, Thomas Djamaludin, M.Sc selaku sosok yang gemar membaca dan banyak menulis di berbagai media. Kecintaan dia terhadap dunia antariksa diawali dari hobinya membaca buku dan majalah mengenai antariksa sejak dini sehingga akhirnya ia melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang tertinggi dan berkarir di bidang antariksa.

Djamal sebagai perpustakaan hidup diharapkan dapat memberikan  motivasi dan inspirasi serta menularkan semangat gemar membaca, serta meningkatkan minat dunia antariksa.

Konsep living library (perpustakaan hidup) pada dasarnya sama seperti cara kerja pada perpustakaan, hanya yang berbeda pada kegiatan ini yang menjadi buku adalah manusia dan kegiatan membaca menjadi percakapan. Aktivitasnya menjadikan individu sebagai ‘pembaca’ yang berbicara dengan \buku’ yaitu audiens.

Selain perpustakaan hidup pada acara ini juga diselenggarakan bicara buku yang mendiskusikan buku karya Prof. Dr. Eddy Hermawanm M.Sc yang berjudul ‘indeks monsum, Asia-Australia dan aplikasinya’. Buku ini mencoba memberikan jawaban atas fenome yang telah mengambat produktivitas pertanian Indonesia.

Dibahas secara komprehensif mulai dari mekanisme terjadinya monsun, factor yang mempengaruhi dinamika monsun, hingga dampak anomaly monsun yang terjadi. Sebagai tujuan utama, buku ini mencoba memformulasikan satu model prediksi dinamika iklim, khususnya curah hujan dan angina dalam satu bentuk indeks monsun yang sesuai dengan kondisi wilayah Indonesia. 
 
Diharapkan, buku ini dapat dimanfaatkan para pengambil kebijakan, praktisi, dan akademisi dalam memprediksi anomaly curah hujan, khususnya yang terjadi di kawasan sentra produksi tanaman pangan yang tersebar di beberapa kawasan Indonesia. linda.


Related

Peristiwa 4752891501643076101
jasa-ekspedisi
Ajang Berita

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

Jumlah Pengunjung

item