Misbach Tamrin Gelar Pameran Tunggal

Jakarta - Misbach Tamrin Gelar Pameran Tunggal. Pelukis era lembaga kesenian rakyat (lekra) Misbach Tamrin memamerkan karyanya di Galeri Nasional. Inilah pertama kali Misbach pameran tunggal dalam rangka retrospeksi karyanya selama ini, pameran pun dimaknai “Arus Balik”.

Menurut pengakuannya, tema itu diambil dari satu judul novel trilogy karya Pramudya Ananta Toer. Karena dalam setting tema pameran, karya Misbach memuat suatu nuansa dua alur arus balik dalam pikirnnya yang dimanifestasikan berdasarkan pengalaman hidup, dan menyangkut fenomena tanah air.

Tema keluatan, selaku ranah obyek orientasi tanah air yang paling utama. Telah menggeser alias membalik peran negeri daratan yang selama beberapa decade mendominasi. Ternyata sebenarnya Indonesia bukan negeri daratan dikelilingi lautan, melainkan sebuah negeri kelautan dikelilingi banyak pulau yang tersebar bagaikan untaian mutiara atau sabuk zamrud yang terhempas diatas bentangan bludru kebiruan yang indah


|”Kekhilafan kita selama ini adalah terlalu asyik menikmati keberadaan kita di daratan dengan seisinya yang sesunggihnya amat terbatas. Oleh keserakahan dan kerakusan manusia hedonis yang menghuninya, mengorek, mengeruk, dan melahab sepuasnya kandungan gali-galian dibawah bumi sehingga merongga kosong sampai kering kerontang”, pungkasnya.

Lebih lanjut dikatakan, lalu apa jadinya, ketika kita terhanyut lupa bahwa sebenarnya kita adalah negeri kelautan kaya raya yang terabaikan? Beruntung kita sejak era reformasi, kehidupan demokrasi ternyata melahirkan potensi anak-anak bangsa yang cerdas dan mumpuni untuk menyadari kekhilafan kita.

Tanpa keraguan bias kita sebut diantaranya misalkan, Jokowi, Ahok, Ridwan kamil, Tri Rismaharini, Susi Pudjiastuti, Ganjar Pranowo, dan banyak lagi yang tampil dengan jiwa kepemimpinan untuk mendorong kemajuan negeri dan bangsa lebih menjanjikan. Misalnya kita sambut dengan baik ide nawacita pemerintahan Jokowi yang ingin membangun Indonesia sebagai poros maritime dunia.

Maka pelukis ini angkat dan garis bawahi tema kelautan dari pameran tunggal perdananya. Secara kontemporer dengan semangat ideal membangun “negeriku” sebagai poros maritime dunia.linda.

Related

Peristiwa 7783572360818671585
jasa-ekspedisi
Ajang Berita

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

Jumlah Pengunjung

item