Satelit LAPAN-A2/Orari Berfungsi Baik

Jakarta - Satelit LAPAN-A2/Orari Berfungsi Baik. Bahas kemajuan dan hasil pengujian satelit Lapan A2 yang telah mengorbit sejak September lalu. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (lapan) mengadakan diskusi bertema dua bulan mengorbit satelit LAPAN-A2/Orari berfungsi baik., di kantor pusat lapan, Rawamangun, Jakarta. Dihadiri Prof. Dr. Thomas Djamaluddin Kepala Lapan, Chusnul Trijudianto kepala bidang Tegnologi Ruas Bumi (Pusteksat Lapan), dan Dirgantara Rahardian pengurus ORARi Pusat.

LAPAN-A2/Orari merupakan satelit pertama yang dibuat di Indonesia, satelit ini diluncurkan ke orbit near equatorial (dekat khatulistiwa) dari satelit peluncuran roket milik ISRO di Shriharikota, India. Peluncuran berjalan sukses dan 1,5 jam setelah diluncurkan satelit memasuki fase pengujian yang dinamakan LEOP/IOT (launch and early orbit phase/in orbit test).


Satelit mampu menerima dan memproses perintah dari bumi, sistem radio fan computer satelit berfungsi dengan baik. Indikator kesehatan satelit juga menunjukan bahwa baterai dan panel surya berfungsi dengan baik. Selanjutnya satelit memasuki tahap perawatan agar semua fungsi terkendali dan satelit bekerja dengan baik,

Lapan-A2 memiliki tiga misi yaitu komunikasi amatir, pemantau kapal laut, dan pengamatan bumi. Misi komunikasi telah berhasil pada minggu pertama LEO. Pihak radio amatir dari Indonesia (Orari), Malaysia, dan Australia menyatakan telah menerima dan mengirim pesan via Lapan-A2. Dengan keberhasikan tersebut satelit ini mendapat panggilan resmi sebagai satelit komunikasi amatir Oscat-86 atau Amsat Indonesia.

Misi pemantauan kapal juga berjalan dengan baik, dalam 24 jam Lapan-A2 mampu mengumpulkan 2,4 juta pesan dari kapal laut. Untuk itu, Lapan akan berkolaborasi dengan otoritas maritime Indonesia agar data tersebut bias dimanfaatkan.

Sedangkan untuk menjalankan fungsi misi pengamatan bumi, saat ini pengaturan focus masing-masing kamera sudah dilakukan. Pengaturan bertujuan agar dapat menghasilkan foto dengan ketajaman dan kualitas yang baik.linda.

Related

Peristiwa 193558879233943726
jasa-ekspedisi
Ajang Berita

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

Jumlah Pengunjung

item