5,026 Desa Belum Cairkan Dana Desa

Jakarta - 5,026 Desa Belum Cairkan Dana Desa. Sampai akhir November ini tercatat 5,026 desa belum mencairkan dana desa untuk anggaran tahun 2015. Hal sangat memprihatinkan mengingat periode anggaran tahun ini hanya tinggal satu bulan lalu.

Hal ini terungkap saat Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo menerima audiensi 150 perangkat desa yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) di Kantor Kementerian Dalam Negeri Jakarta, Senin, (30/11).
 
Tjahyo Kumolo (Menteri Dalam Negeri) - Dn/jakartaforum.co.id
"Sesuai UU Desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,  pemerintah sudah mengalokasikan anggaran besar. Sebanyak 20,6 trilyun disiapkan tahun 2015 ini dan akan meningkat dua kali lipat tahun depan." tutur Mendagri.

"Sangat disayangkan ada sejumlah desa belum mencairkan anggaran. Padahal anggaran sudah tersedia dan pencairannyapun sudah dipermudah dengan diterbitkannya SKB tiga kementerian yaitu Kemendagri, Kementerian Desa dan Kementerian Keuangan dengan harapan dana dapat cepat dipergunakan untuk membangun desa."

"Dana desa adalah milik masyarakat desa, inilah yang harus dipahami. Di sisa waktu yang sempit ini saya minta para kepala Desa segera mencairkan dan segera menggunakannya untuk pembangunan  desa. Posisi anggaran desa saat sudah berada di Kabupaten kabupaten masing masing." pungkas Tjahyo

Tahun 2015 merupakan tahun awal digulirkannya program dana desa. Tahun depan anggaran yang disiapkan akan naik dua kali lipat. Diharapkan kesiapan desa akan lebih baik lagi. (Dn)

Related

Peristiwa 8036392415486282769
jasa-ekspedisi
Ajang Berita

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

Jumlah Pengunjung

item