Pilkada Serentak 9 Desember 2015 Siap Digelar

Jakarta - Pilkada Serentak 9 Desember 2015 Siap Digelar. Tiga hari jelang Pilkada Serentak tanggal 9 Desember 2015, seluruh pemangku kepentingan seperti Kemendagri, KPU, Bawaslu, DKPP, TNI, Polri, BIN dan Partai Politik  berkumpul untuk melakukan Rapat koordinasi persiapan akhir Pilkada Serentak di Gedung KPU Jakarta, Minggu (06/12).

Seluruh peserta rapat masing masing mempresentasikan kondisi terkini tentang persiapan pilkada serentak tanggal 9 Desember 2015.

Rapat koordinasi persiapan akhir Pilkada Serentak di Gedung KPU Jakarta - Foto (Dn)/jakartaforum.co.id
Sebanyak 9 Provinsi akan memilih Gubernur/wakil Gubernur,  224 Kabupaten akan memilih Bupati/wakil Bupati dan 36 Kota akan memilih Walikota/Wakil Walikota.

Tercatat dalam DPT 100,461,890  warga akan menggunakan hak pilihnya tanggal 9 Desember 2015 yang sudah ditetapkan pemerintah sebagai hari libur Nasional.

Dalam pemaparannya Ketua KPU menjelaskan seluruh tahapan Pilkada Serentak sudah sesuai tahapan, akan tetapi masih ada 2 daerah yang masih bermasalah yaitu di Kabupaten Simalungun yang mana calonnya bermasalah dan Provinsi Kalteng dimana keputusan KPU dibatalkan oleh Keputusan Sela PTUN sehingga penetapan calon masih menunggu penetapan final keputusan PTUN.

Hanya dua kasus ini yang menonjol, akan tetapi tidak mengganggu Pilkada serentak secara keseluruhan. Bisa dikatakan persiapan sudah mencapai 99% dan Pilkada serentak siap digelar.

Sementara itu Mendagri Tjahyo Kumolo memaparkan seluruh pontensi masalah dan kerawanan pilkada sudah dipetakan baik oleh Kemendagri, TNI, Polri maupun oleh BIN. Pada hari H presiden Jokowi akan memantau langsung jalannya Pilkada Serentak pertama di Indonesia ini.

Anggaran sudah didistribusikan ke daerah pemilihan masing masing. Kemendagri akan menindak tegas setiap kepala daerah yang menghambat proses pilkada serentak ini. Semua aparatur pusat maupun daerah yang terlibat dilarang cuti untuk memastikan pesta demokrasi daerah ini berjalan lancar. (Dn)

Related

Peristiwa 7775949346604502191
jasa-ekspedisi
Ajang Berita

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

Jumlah Pengunjung

item