3M Kenalkan Transformasi Bisnis Barunya di Tahun 2016

Jakarta - 3M Kenalkan Transformasi Bisnis Barunya di Tahun 2016. 3M, perusahaan multinasional Amerika Serikat yang mulai beroperasi di Indonesia sejak lebih dari 40 tahun yang lalu, bersama dengan anak perusahaan lainnya, baru mengalami perkembangan yang signifikan. 3M yang berhasil menembus penjualan sebesar USD30,3 milyar secara global, belum lama ini mengadopsi pendekatan perusahaan berbasis market-centric (dari basis bisnis-centric yang digunakan sebelumnya) dalam menjaga daya saing serta untuk efisiensi operasional.

"Pendekatan ini sejalan dengan upaya kami untuk mengarahkan perusahaan mencapai kesuksesan jangka panjang dengan memperkuat portofolio, kemampuan penelitian dan pengembangan (Research & Development) dan proses bisnis itu sendiri," tutur Karina Chavez, Presiden Direktur 3M Indonesia kepada Jakarta Forum di Jakarta, Kamis (28/1/2016).

Para pembicara di acara 3M Business Outlook Media Gathering-Foto:Rudy/Jf
"Dalam sistem operasional 3M sebelumnya, sudut pandang divisi bisnis kami sebagian besar didasarkan pada produk dan ternyata pendekatan tersebut bukanlah kondisi yang efektif dalam melayani konsumen kami melalui berbagai solusi inovatif yang kami tawarkan," imbuhnya.

Menurut Karina, perubahan menjadi market-centric adalah solusi untuk menjadi perusahaan yang lebih fokus terhadap konsumen setia kami. Untuk mencapai itu, 3M kini memiliki empat market center, yaitu Industrial & OEM; Infrastructure, Construction and Energy; Healthcare serta Consumer Retail.

Karina Chavez Rodriguez (President Director PT 3M)
Lebih lanjut, Karina menjelaskan bahwa perpaduan ini juga memungkinkan 3M untuk memantau dan mengontrol penggerak-penggerak utama perekonomian dan menentukan strategi investasi terbaik dengan menggunakan portofolio 3M yang sesuai. Misalnya, bisnis Industrial & OEM didorong oleh spesifikasi produk besar dalam organisasi sektor swasta, di mana kebijakan industri dan ekspor menjadi pengendali pasar utama.

Di sisi lain; Infrastructure, Construction and Energy didasarkan pada proyek-proyek besar, yang seringkali diatur dalam peraturan pemerintah untuk menggunakan produk berspesifikasi tertentu, sehingga pengajuan penawaran (tender) yang sesuai kepada pemerintah menjadi lebih penting. Secara khusus, Healthcare, berfokus mengenai kesehatan, rumah sakit, klinik, dokter gigi dan menjadi media utama untuk mengomunikasikan bahwa pada setiap produk 3M terdapat nilai tambah tersendiri. Sedangkan Consumer Retail adalah market center yang menaungi berbagai produk 3M yang dapat diperoleh oleh pengguna langsung, baik itu di supermarket, apotek, toko peralatan rumah, dan lain sebagainya.

Pembagian pasar ini relevan dengan 3M dan Indonesia di mana pemerintah Indonesia berfokus pada rencana strategis yang mencakup promosi dalam industri otomotif, investasi dalam pembangunan jalan dan perluasan cakupan pelayanan kesehatan.

Evolusi model organisasi 3M yang menjadi lebih efisien dan terukur juga memungkinkan tim untuk tetap fleksibel dan bekerja lebih baik dalam menghadapi tantangan eksternal.

"Kami tetap yakin akan masa depan 3M di Indonesia, terlepas dari semua perubahan dinamis yang terjadi dalam pasar bisnis dunia. Ke depannya, segala yang kami lakukan akan berfokus untuk memajukan bisnis yang sejalan dengan rencana pengembangan Indonesia oleh pemerintah sambil mengembangkan dan memperkuat tim kami," tutup Karina. @Rudi

Related

Perusahaan 2962949950158939821
jasa-ekspedisi
Ajang Berita

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

Jumlah Pengunjung

item