KLHK Dorong Indonesia Jadi Penghasil Madu Terbaik Dunia

Jakarta - KLHK Dorong Indonesia Jadi Penghasil Madu Terbaik Dunia. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama para stakeholder yang berkecimpung didalam perlebahan khususnya Asosiasi Perlebahan Indonesia (API) terus mengembangkan produksi perlebahan nasional. Awal tahun 2016 ini KLHK bersama API akan memulai Roadmap pengembangan potensi perlebahan Nasional dengan sasaran menjadikan Indonesia sebagai penghasil madu terbaik di Dunia di tahun 2020.

Sebagai langkah awal Roadmap,  API menggelar rapat Kerja yang dibuka secara langsung oleh Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan  Lingkungan Kementerian LHK Hadi Daryanto di Gedung Manggala Wanabakti Jakarta, Selasa (26/01).

Dirjen berfoto bersama saat Raker Madu Indonesia

Disamping Kementerian LHK rapat kerja ini juga didukung oleh berbagai lintas kementerian lainnya seperti kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementeriam Koperasi dan UKM, Kementerian Perindustrian, Kementerian Desa dan Kementerian Ristek.

Dengan dukungan banyak pihak diharapkan dapat menentukan langkah langkah strategis bagi pengembangan sektor perlebahan nasional kedepan.

Sementara itu ketua Umum API Dr.Ir.H Mustoha Iskandar menegaskan Indonesia berpeluang besar menjadi penghasil madu terbaik di dunia karena luas hutan tempat budidaya lebah di Indonesia masih cukup luas.

"Dari 11 spesies penghasil madu di dunia, 9 spesiesnya ada di Indonesia. Yang harus dijaga adalah lestarinya hutan yang merupakan sumber pakan lebah. Tingkat konsumsi madu per kapita penduduk juga masih rendah di Indonesia jika dibanding negara lainnya. Yang jelas pangsa pasar madu Indonesia masih cukup besar." pungkasnya.

Perlu upaya bersama dari para stakeholder untuk bekerja secara sinergis untuk membangkitkan perlebahan Indonesia.(Dn)

Related

Peristiwa 4145797875538243718
jasa-ekspedisi
Ajang Berita

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

Jumlah Pengunjung

item