Hungaria Apresiasi Kemajuan Pertanian Indonesia

Jakarta - Hungaria apresiasi kemajuan pertanian Indonesia. Indonesia dan Hungaria bersepakat akan menjalin kerjasama peningkatan produksi pangan. Rencana besar ini disepakati antara kedua negara melalui jalinan kesepakatan menteri pertanian kedua negara disela Pertemuan bilateral Presiden RI Joko Widodo dengan PM Hungaria Viktor Orban di Istana Merdeka belum lama ini ,Jakarta.

Dalam pertemuan itu, kedua menteri bersepakat melakukan kerjasama dalam peningkatan ketahanan pangan dan perdagangan produk pertanian kedua negara. Dipertemuan itu pemerintah Indonesia menawarkan beberapa investasi dan pengembangan komoditi strategis, khususnya jagung, gula, dan perternakan sapi.


Hal menarik dalam kerjasama ini adalah ketika Menteri Pertanian Dr. Ir. Andi Amran Sulaiman menawarkan investasi gandum dikembangankan di Indonesia. Tawaran tersebut memang tawaran yang cukup unik. Pasalnya, Indonesia dalam hal ini sudah mulai mengembangakan komoditi Gandum. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kualitas dan mutu Gandum, Indonesia bekerjasama dengan Hungaria sebagai negara produsen gandum terbaik di Eropa. "Hongaria juga merupakan produsen gandum dengan produktivitas 7 ton per hektar, dengan kualitas gandum terbaik di Eropa, sementara Indonesia saat ini sudah mulai mengembangkan komoditi gandum di beberapa wilayah seperti Sumatera Barat seluas seribu hektar," kata Mentan melalui pernyataan tertulisnya.

Bak gayung bersambut, Menteri Pertanian Hungaria Dr. Fazekas merespon dan berharap segera ditindaklanjuti instansi terkai kedua negara. Merespon hal tersebut, Kementerian Pertanian RI mengusulkan segera dibuat rancangan payung kerjasama dibidang pertanian kedua negara Indonesia dan Hungaria.

Dalam kesempatan tersebut, Kementerian Pertanian Dr. Ir. Andi Amran Sulaiman, juga menguraikan beberapa kemajuan signifikan sektor pertanian yang semakin meningkat. Khusus peningkatan produksi padi dan jagung tahun 2015, masing-masing telah mencapai produksi 74.9 juta ton GKG dan 19,83 juta ton pipilan kering. 

Peningkatan tersebut merupakan pencapaian tertinggi selama 10 tahun terakhir. Atas uraian kemajuan signifikan pertanian Indonesia, Menteri Pertanian Hungaria  Dr. Fazekas mengapresiasi upaya kemajuan pertanian Indonesia, terutama upaya kementerian pertanian dalam mencapai peningkatan produksi pangan yang cukup signifikan. (ef)

Related

Peristiwa 2208527586483192895
jasa-ekspedisi
Ajang Berita

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

Jumlah Pengunjung

item