Pemberian Sertifikat Penghargaan Welldone dan Goodshow

Jakarta - Pemberian Sertifikat Penghargaan Welldone dan Goodshow. Penkoopsau I.    Komando Operasi TNI Angkatan Udara pada hari ini Rabu (15/6) memperingati hari jadinya yang ke-65 yang jatuh pada tanggal 15 Juni 2016 dilapangan upacara Makoopsau I. Setelah dilaksanakan upacara militer dilanjutkan dengan acara tambahan yaitu pemberian sertifikat Welldone dari Kasau dan Goodshow dari Pangkoopsau I.

Pangkoopsau I Marsekal Muda TNI Yuyu Sutisna S.E., M.M. selaku inspektur upacara memberikan sertifikat langsung kepada personel jajaran Koopsau I yang mendapatkan penghargaan.  Pangkoopsau I menjelaskan bahwa, Sertifikat Welldone merupakan suatu penghargaan yang diberikan oleh Kasau kepada personel TNI AU aktif yang berhasil mencegah atau menyelamatkan Alutsista, personel, atau fasilitas dari kemungkinan yang lebih buruk dalam kondisi emergency berdasarkan tindakan tertentu yang belum diatur dalam emergency procedure.


“Sedangkan Sertifikat Goodshow  merupakan suatu penghargaan yang diberikan oleh Pimpinan Kotama kepada personel TNI AU aktif yang berhasil mencegah atau menyelamatkan Alutsista, personel, atau fasilitas dari kemungkinan yang lebih buruk dalam kondisi emergency berdasarkan emergency procedure yang berlaku”, ujar Pangkoopsau I.

Pemberian penghargaan yang pertama adalah penghargaan welldone diberikan kepada Letkol Pnb Asep Wahyu Wijaya beserta 4 crew pesawat helikopter SA-330 Puma HT-3318 lainnya yang mengalami incident pada tahun 2013 di Sinak Papua. Saat melaksanakan tugas operasi evakuasi personel TNI AD yang tertembak di Papua, pesawat ditembaki oleh kelompok OPM dan salah satu crew terluka karena tertembak.  Awak pesawat akhirnya berhasil menyelamatkan alutsista, personel dan fasilitas lain dari kemungkinan yang lebih buruk dalam kondisi emergency. Berdasarkan kejadian tersebut, maka  atas tindakan, dedikasi dan pengabdian serta keberaniannya, Kepala Staf Angkatan Udara menganugerahkan  penghargaan Welldone kepada seluruh awak pesawat HT-3318.

Penghargaan Good Show dari Pangkoopsau I diberikan kepada Mayor Pnb Alfonsus beserta 10 crew C-130/A-1328 yang mengalami  incident  kebocoran engine oil pada tanggal 4 Mei 2016, saat melaksanakan misi PAUM-212 di Lanud Abdul Rachman Saleh.   Indikasi awal kebocoran diketahui oleh loadmaster kemudian disampaikan kepada pilot.  Pilot segera melaksanakan prosedur untuk mematikan engine dan segera mendaratkan pesawat dengan aman.  Berdasarkan kejadian tersebut, atas dedikasi dan upayanya menyelamatkan Alutsisita dan personel TNI AU dari kemungkinan terjadinya Accident serta turut berpartisipasi dalam upaya mewujudkan Zero Accident, maka Pangkoopsau I menganugerahkan penghargaan Good Show kepada seluruh crew pesawat A-1328.

Related

TNI 8240484429511512790
jasa-ekspedisi
Ajang Berita

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

Jumlah Pengunjung

item