Wapres JK Pimpin Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2016

JakartaForum - RIAU, Wapres JK Pimpin Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2016. Wakil Presiden RI Jusuf Kalla memimpin langsung puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2016 tingkat Nasional yang dipusatkan di Istana Siak Sri Indrapura Riau, Jumat (22/07).

Menurut Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, ini merupakan pertama kalinya puncak peringatan puncak Hari Lingkungan Hidup (HLH) digelar di luar Istana Negara maupun Istana Bogor. Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) 2016 mengambil tema Go Wild For Life atau Selamatkan Tumbuhan dan Satwa Liar Untuk Kehidupan. 

Wapres JK Pimpin Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2016 di Riau-(Foto Danang/JF)
Pesan utama tema ini adalah untuk memerangi perdagangan tumbuhan dan satwa liar (TSL) illegal yang telah mengikis keanekaragaman hayati di bumi dan mengancam keberlangsungan hidup berbagai spesies.

Dalam kesempatan ini JK menyerahkan penghargaan Kalpataru, Adipura, Adiwiyata dan Nirwasita Tantra serta meresmikan Taman Nasional Zamrud.  Selain itu dilakukan penanaman pohon dan pelepasan benih ikan di Sungai Siak serta Penandatanganan MoU Lima Menteri (Mendikbud, Menristekdikti, Menag, Mendagri dan MenLHK ) tentang Pengembangan Pendidikan Lingkungan Hidup yang menjadi komitmen bersama untuk mewujudkan kualitas lingkungan hidup yang lebih baik.

Berbagai penghargaan lingkungan hidup yang lain juga diserahkan pada acara ini sebagai wujud apresiasi kepada para pejuang lingkungan diantaranya pimpinan daerah yang berhasil dalam pengelolaan lingkungan di daerah, serta sekolah/guru peduli lingkungan.

Pada kesempatan ini JK mengingatkan pada dasarnya memperingati Hari Lingkungan Hidup berarti memperingatkan kita pada kehidupan kita sekarang dan masa datang. lingkungan yang baik akan menjadi rahmat bagi manusia sedangkan lingkungan yang buruk akan mendatangkan bencana dan musibah.

"Masalah lingkungan adalah masalah kita semua. Masalah hutan dan lingkungan erat kaitannya dengan masalah ekonomi. Pemanfaatan hutan untuk ekonomi harus dengan cara yang arif dan benar dengan mengedepankan harmoni lingkungan dan daya dukung lingkungan." papar Wapres

"Semuanya harus dikelola dengan baik, hindari kutukan sumber daya alam, dimana negara kaya sumber daya alam terperangkap menjadi negara miskin karena salah mengatur sumber daya alamnya." pinta Wapres. (Dn)

Related

Peristiwa 4936855618104363269
jasa-ekspedisi
Ajang Berita

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

Jumlah Pengunjung

item