Mendag percepat pembangunan dan revitalisasi 5000 pasar rakyat

Jakarta - Banten, Mendag percepat pembangunan dan revitalisasi 5000 pasar rakyat. Sesuai mandat Presiden Joko Widodo (Nawacita), Kemendag akan terus mewujudkan program pembangunan dan revitalisasi 5.000 pasar rakyat pada 2015-2019

“Kemendag berkomitmen membangun ekonomi kerakyatan melalui pembangunan sarana distribusi perdagangan antara lain pasar rakyat. Citra pasar rakyat harus berubah jadi pasar yang bersih, tidak bau, kering, tertib, dan teratur". Demikian ungkap Mendag Enggartiasto Lukita , saat berkunjung ke pasar pasar rakyat di Tangerang Selatan (7/8).


Ditegaskannya lagi, pembangunan pasar rakyat tidak hanya akan fokus pada pembangunan pasar fisik, tetapi juga membangun sistem budaya yang mengedepankan interaksi antara penjual dan pembeli.

Hal lain yang menurutnya mendukung ekonomi kerakyatan, adalah pengelolaan pasar rakyat juga harus dibenahi agar dapat bersaing dengan pasar modern yang pengelolaannya lebih profesional. Selain itu, pengelolaan pasar rakyat juga harus maksimal.

Dari data yang diperoleh, kondisi pembangunan pasar rakyat di Tahun 2015, sudah mencapai 1.002 pasar rakyat yang dibangun dan direvitalisasi.

Sementara untuk target tahun 2016 akan dibangun 1.000 pasar rakyat. Dan saat ini sudah terlaksana pembangunan 168 pasar melalui dana Tugas Perbantuan Kemendag dan 695 pasar melalui DAK. Sisanya akan dibangun setelah mendapatkan dana persetujuan dari Kemenkeu.

"Pemerintah akan mempercepat target revitalisasi pasar rakyat ini untuk tiga hal, yaitu menjaga laju sektor riil, meningkatkan fasilitas kemudahan berusaha, dan memperluas akses ekonomi masyarakat. Selain itu,  Enggar juga memastikan Kemendag akan mengeluarkan SNI Pasar Rakyat. Manajamen pasar rakyat nantinya harus mengikuti SNI, tegas Enggartiasto Lukita . (e)

Related

Peristiwa 2342034411778222739
jasa-ekspedisi
Ajang Berita

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

Jumlah Pengunjung

item