SPIRIT OF MAJAPAHIT BANGUN BUDAYA MARITIM

Jakarta -SPIRIT OF MAJAPAHIT BANGUN BUDAYA MARITIM. Yayasan Pencinta Majapahit bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman membangun replika kapal Majapahit yang diberi nama Spirit of Majapahit.

Pembangunan replika kapal Majapahit sebagai wujud keberhasilan napak tilas pelayaran perjalanan kapal Majapahit (abad 13 lalu), setelah menempuh pelayaran rute Brunei Darussalam, Filipina, Taiwan, dan Jepang (Naha, Kagoshima, Toba, dan Tokyo), yang dilakukan oleh Tim Ekspedisi Spirit of Majapahit yang baru tiba di tanah air kemarin (11/8) pukul 17.00 WIB.


Ketua Yayasan Pecinta Majapahit, Sumarsono menuturkan, tim ini berhasil membuktikan kesuksesan pelayaran Majapahit di masa lampau. Adapun Tim tersebut, digawangi nahkoda Muhammad Amin Azis dan Andi Irham dengan kru antara lain Sugiyono, Syahrir, Andi Irham, Wahab, Andi Rahman, Muhammad Affan, Afif Ismunandar, Najib Hasanul Arifin, dan Sumitro. Tim ini kembali ke Indonesia menggunakan pesawat udara karena kapal layar Spirit of Majapahit dijadikan monumen di Jepang.

Sumarsono juga mengungkapkan, bahwa di masa mendatang Yayasan Pencinta Majapahit akan terus menggelar kegiatan bernuansa budaya Indonesia di Jepang,  "Kemungkinan setelah ini kita akan kirim pameran keris, katana, dan samurai di Jepang. Keris dari berbagai wilayah di Indonesia, ada 71 keris," kata Sumarwoto.

Hal lainnya, selain menjadikan kapal Spirit of Majapahit sebagai monumen kebesaran budaya maritim Indonesia di Jepang, pemerintah RI juga merencanakan untuk membuat museum baru tentang Kapal Majapahit di Jepang. Rencana pembangunan itu akan difasilitasi oleh Kedutaan Besar Indonesia di Jepang.

Adapun napak tilas pelayaran digagas oleh Kemenko Bidang Kemaritiman, Kementerian Pariwisata, Japan Admiration Community dan Takushoku University, untuk  misi mengangkat dan melestarikan nilai-nilai sejarah dan budaya maritim. (ef)

Related

Peristiwa 1523035484888399515
jasa-ekspedisi
Ajang Berita

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

Jumlah Pengunjung

item