Bob Hasan : Program Drug Amnesty Minimalisir Penyalahgunaan Narkoba

Jakarta -Bob Hasan : Program Drug Amnesty Minimalisir Penyalahgunaan Narkoba. Istilah Drug Amnesty diyakini merupakan cara efektif menangkal ancaman bahaya narkoba bagi generasi bangsa. Hal inilah yang diungkapkan Bob Hasan, SH, MH,  Ketua Gerakan Peduli Anti Narkoba G-PAN di kantornya Jl. Mayjen Sutoyo, Jakarta (10/11).

Menurutnya, untuk melakukan langkah efektif melawan narkoba, dibutuhkan tindakan tegas. Berdasarkan itu, G-PAN memiliki cara jitu merealisasikannya. Dengan menggunakan sistem unik Drug Amnesty, diharapkan angka kematian pengguna narkoba yang tiap tahunnya mencapai 15 orang dapat ditekan seminimal mungkin.


Diuraikannya, program Drug Amnesty merupakan program  yang berprinsip "memaksa" pecandu untuk menghentikan perbuatan negatifnya. Dalam artian, kita lakukan dulu sosialisasi. Dengan sosialisasi tersebut diharapkan pengguna narkoba datang kepada G-PAN untuk direhabilitasi. Dan kita tidak akan melaporkannya kepada Kepolisian.

"Jadi kita bantu pengguna narkoba sebelum mereka tertangkap pihak Kepolisian. Karena kalau sudah berurusan dengan Polisi maka ada 3 hal yaitu penjara, rehabilitas, dan mati", kata Bob Hasan.

Dengan demikian konsep drug amnesty ini mengacu pada mengapa dipenjara kalao ada saran rehabilitas, mengapa harus mati dengan hina kalo ada rehabilitasi. "Kami hanya akan merehabilitasi saja sampai terbebas dari narkoba", tutur Bob Hasan.

Bob Hasan juga menerangkan bahwa organisasi G-PAN telah mengembangkan jaringannya. "Kita sudah menjalin kerjasama dibeberapa daerah, seperti Jawa barat, DKI Jakarta, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Papua. Kita juga berencana akan membangun tempat rehabilitasi seluas dua hektar di daerah Kalimantan Timur dan Surabaya. (ef/Jf).

Related

Peristiwa 8794913506573795828
jasa-ekspedisi
Ajang Berita

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

Jumlah Pengunjung

item