MARINIR RAYAKAN HUT KE 71 SERENTAK BERSAMA MASYARAKAT

Jakarta -Rayakan HUT ke 71 (15/11/16), Korps Marinir gelar seremoni secara serentak di beberapa wilayah Nusantara. Menurut keterangan yang disampaikan Dispenmar, HUT yang bernuansa kesederhanaan bersama rakyat ini diselenggarakan di Lampung, Surabaya dan Banten. Adapun Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) RM Trusono, S.Mn. memimpin upacara di Marine Eco Park Brigif-3 Marinir Piabung Lampung. Danpasmar-1 Brigjen TNI (Mar) Lukman S  memimpin upacara di Pantai Tambak Wedi Suromadu Surabaya Jawa Timur. Sementara,  Danpasmar-2 Brigjen TNI (Mar) Widodo Putro P memimpin upacara di Tanjung Pasir Banten.

Sementara Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana TNI  Ade Supandi S.E.M.A.P dalam amanatnya yang dibacakan oleh pemimpin upacara di wilayah masing masing, menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran Korps Marinir dan masyarakat.


“Pada kesempatan ini, saya atas nama pemimpin TNI Angkatan Laut menyampaikan penghargaan yang tinggi atas prestasi dan pengabdian para Prajurit Marinir yang tidak hanya menjadi kebanggaan Korps atau TNI Angkatan Laut, tetapi juga bangsa dan negara. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi dan mendukung Korps Marinir kita,” apreasiasi Kasal.

Kasal juga menekankan agar senantiasa menjaga soliditas antara TNI, POLRI, Pemerintah dan Rakyat guna memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa serta tidak melibatkan diri pada politik praktis terutama pada masa pilkada serentak.

Sementara,  Dankormar Mayjen TNI (Mar) RM Trusono, S.Mn. menyatakan, “Tema Hari Ulang Tahun ke-71 Korps Marinir  tahun 2016 adalah Berjuang Bersama Rakyat Mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Untuk itu, lanjut Dankormar, beberapa kegiatan yang langsung berhubungan bersama masyarakat kami gelar antara lain lomba vocal group, lomba kreasi tari , bhakti sosial kesehatan, penanaman terumbu karang dan manggrove, lomba Marathon 10 k di Lampung, Napak Tilas Perjuangan Corps Marinir (CA-IV) Tegal, Istigozah dan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan, santunan kepada warakawuri dan anak yatim, lomba pajat tebing, Marines Off road Adventure di Pasuruan Jawa Timur dan Sarasehan Marinir.", urainya.

Dankormar juga menyampaikan rasa trimakasinya kepada rakyat. “Saya sangat berterima kasih kepada masyarakat yang telah bersama-sama merayakan hari jadi kami. Kami ingin menjadi  Prajurit yang Profesional, Berkarakter dan Dicintai Rakyat, tegas Dankormar.

Oleh karenanya lanjut Dankormar, “Korps Marinir harus mencintai dan dicintai rakyat. Marinir adalah tentara rakyat, maka seharusnya kita mencintai dan dicintai rakyat serta menyatu dengan rakyat, tidak sekali-kali merugikan,  menakuti dan menyakiti hati rakyat serta membantu mengatasi kesulitan rakyat. Oleh karenanya harus senantiasa  dibangun sikap, ucapan dan perilaku terpuji dalam melaksanakan penugasan operasi dan latihan maupun kehidupan bermasyarakat.

Hindari perbuatan-perbuatan yang dapat mencoreng nama baik dan kehormatan korps. Yakinlah bahwa hanya dengan soliditas dan kemanunggalan kita dengan rakyat maka apapun yang menjadi ancaman negara mampu diatasi,
Kalimat ini mengandung arti adanya hubungan emosional yang baik antara Marinir dengan Rakyat. Karena dengan berpegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit terlebih Delapan Wajib TNI serta mengorientasikan setiap tugas baik Operasi Militer Perang maupun Operasi Militer Selain Perang adalah untuk kepentingan Rakyat, maka hubungan emosional akan terjalin dengan baik” ujar Dankormar. (pen/ef)


Related

TNI 8718396021544219925
jasa-ekspedisi
Ajang Berita

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

Jumlah Pengunjung

item