Satgas Yonarmed 12 Kostrad Berhasil Mengamankan Senjata Ilegal

Jakarta -Satgas Yonarmed 12 Kostrad Berhasil Mengamankan Senjata Ilegal. Pada hari Kamis tanggal 17 Nopember 2016, Satgas Yonarmed 12 Kostrad kembali berhasil mengamankan 1 pucuk senjata yang masih disimpan secara illegal oleh masyarakat Maluku.

Kepala Penerangan Kostrad, Letnan Kolonel Inf Agus Bhakti, S.I.P. menginformasikan, bahwa anggota Satgas yang berada di Pos Waitomu Kec. Leihitu Kab. Maluku Tengah Prov. Maluku a.n Serka Nanang Ariyanto dan Koptu Lahardin telah memperoleh 1 pucuk senjata standar laras panjang jenis STEN GUN MK II beserta 50 butir munisi kaliber 9 mm dari salah satu warga masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah pengamanan pos tersebut.


Kostrad menilai, penyerahan senjata tersebut merupakan buah kepercayaan masyarakat Maluku terhadap keberadaan Satgas Yonarmed 12 Kostrad yang dipimpin Dansatgas Letkol Arm Joko Setiyo K, M.Si (Han) yang telah melaksanakan tugas Operasi Pengamanan di wilayah Maluku dan Maluku Utara selama 9 bulan terakhir.

Dapat diketahui selama 9 bulan bulan penugasan, Satgas Yonarmed 12 Kostrad telah cukup banyak menerima penyerahan senjata seperti ini, melalui pendekatan secara persuasif. Setidaknya 229 pucuk senjata telah berhasil dikumpulkan dari masyarakat Maluku dan Maluku Utara, yang terdiri dari 12 pucuk senjata standar dan 217 pucuk senjata rakitan.

Adapun upaya Yonarmed  12 Kostrad mewujudkan kesadaran masyarakat setempat berupa pendektan persuasif. Seperti, turun langsung membantu kesulitan masyarakat, antara lain : turut memberikan pelayanan kesehatan, karya bakti, mengajar dan memberikan pelatihan di sekolah. Selain itu juga dilakukan pemberian bantuan bentuk buku, obat-obatan, sarana olahraga.

Hal lain yang tidak kalah penting dilakukan Yonarmed 12 Kostrad di wilayah Kodam XVI/Ptm adalah meningkatkan kesejahteraan  masyarakat agar tidak mudah terpancing emosi dan pengaruh luar yang dapat mengarah pada timbulnya konflik serta menjamin penuh kondusifitas keamanan bagi masyarakat setempat. (ef/pen).


Related

TNI 69449921033527521
jasa-ekspedisi
Ajang Berita

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

Jumlah Pengunjung

item