INDONESIA AUSRALIA KERJASAMA TINGKATKAN LAYANAN VETERINER

Jakarta -INDONESIA AUSRALIA KERJASAMA TINGKATKAN LAYANAN VETERINER. Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) Kementerian Pertanian (Kementan) Indonesia dengan Departemen Pertanian dan Sumber Daya Air (DAWR) Australia jalin kerjasama penguatan pelayanan veteriner.

Adapun kerjasama veteriner bertujuan untuk melakukan  pencegahan, deteksi dan pengendalian penyakit-penyakit hewan menular prioritas dan yang baru muncul. Sedangkan pendanaan kerjasama ini didanai oleh Pemerintah Australia sebesar AUD 6,9 juta dalam kurun waktu tiga tahun (2015 – 2018).


Sementara fokus program Australia – Indonesia Partnership for Emerging Infectious Diseases (AIP-EID) tahap 2 ini merupakan kelanjutan AIP-EID Tahap I yang telah dilaksanakan pada periode 2010-2014 untuk mendukung terbangunnya kapasitas dalam mendeteksi dan respons tehadap penyakit-penyakit menular.

Sedangkan sasaran prioritas kerjasama adalah mengendalikan penyakit zoonosis, serta meningkatkan produksi ternak domestik Indonesia untuk memastikan keamanan pangan dan menstabilkan harga pasar untuk produk ternak.

Dirjen PKH Drh. I Ketut Diarmita, MP menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemerintah Australia dengan dilanjutkankannya program ini, terutama dalam penguatan sistem pelayanan kesehatan hewan nasional yang dinilai sangat penting, terutama sebagai upaya dalam menghadapi ancaman masuknya penyakit hewan menular yang baru muncul yang sangat berpotensi menghancurkan dunia peternakan, ujar Dirjen belum lama ini di Jakarta.

Untuk itu, sambung I Ketut Diarmita, ia meminta kepada Direktur Kesehatan hewan agar lebih mengoptimalkan kinerja iSIKHNAS (Sistem Informasi Kesehatan Hewan Nasional yang terintegrasi). “iSIKHNAS harus didesign kembali agar early report atau early detection dapat berjalan dengan baik, sehingga pemerintah dapat bergerak cepat untuk mengambil keputusan atau langkah-langkah aksi dalam pengendalian dan pemberantasan penyakit hewan, jangan sampai terjadi outbreak” himbau Dirjen PKH. (ef)

Related

Peristiwa 5167953271958253313
jasa-ekspedisi
Ajang Berita

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

Jumlah Pengunjung

item