Rektor Unhan : Seminar IIDSS Wujud Program Aksi ASEAN Political-Security Community

Jakarta -Rektor Unhan : Seminar IIDSS Wujud Program Aksi ASEAN Political-Security Community. Rektor Universitas Pertahanan Letjen TNI Dr. I Wayan Midhio, M.Phil, menegaskan, bahwa aspek keamanan dan stabilitas regional khususnya kawasan Asia Tenggara menjadi salah satu fokus yang disoroti dan didiskusikan dalam seminar Indonesia Internasional Defense Science Seminar (IIDSS), pada tanggal 12 – 13 Juli di kampus Bela Negara Universitas Pertahanan (Unhan), kawasan IPSC Sentul – Bogor.

I Wayan menambahkan dalam IIDSS mendatang, aspek keamanan dan stabilitas regional khususnya kawasan Asia Tenggara, akan dibahas dua dari empat bagian utama diskusi. Adapun materi pembahasan adalah Escalation of Military Expenditure in Southeast Asia pada bagian security. Dan Human Security in Southeast Asia: Defending and Empowering People of the ASEAN Community pada bagian human security.


Sementara dalam tataran global, I Wayan menguraikan, dalam seminar IIDSS akan dibahas tentang Keamanan Maritim yaitu Maritime Affairs in Indo-Asia-Pacific pada bagian stability dan tren global 2030 yaitu Revelations to Global Trends 2030: The Environmental Economics and Socio-Cultural Revolutions pada bagian human welfare. Masing-masing topik pada sesi tersebut akan didiskusikan oleh pakar-pakar pertahanan dunia melalui dua perspektif yaitu ilmu pertahanan dan teknologi pertahanan.

Beberapa pakar pertahanan internasional terkemuka di dunia pun turut hadir dalam IIDSS. Mereka adalah pakar pertahanan dari SIPRI, Kongsberg, MGIMO University, RSIS, Pindad, Marine Geological Intitute of Indonesia, Dewan Energi Nasional dan banyak lagi.

Rektor Unhan berharap, penyelenggaraan IIDSS dapat mempromosikan pertahanan sebagai cabang ilmu dalam taraf regional maupun global. (ef/hms)

Related

TNI 7081328015102920742
jasa-ekspedisi
Ajang Berita

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

Jumlah Pengunjung

item