Unhan Gelar "Indonesia Internasional Defense Science Seminar (IIDSS)

Jakarta - Unhan Gelar "Indonesia Internasional Defense Science Seminar (IIDSS). Mewujudkan misi keamanan dan kesejahteraan kawasan global, Universitas Pertahanan (Unhan) menggelar Seminar Ilmu Pertahanan, "Indonesia Internasional Defense Science Seminar (IIDSS)".

Seminar yang rencananya digelar pada 12-13 Juli 2017 di Sentul Bogor ini, dibuka oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.



Seminar juga mengundang sekitar 300 peserta seluruh dunia yang melibatkan berbagai praktisi maupun akademisi dalam bidang ilmu pertahanan. Seminar juga menghadirkan pembicara terbaik dibidangnya baik dari dalam dan luar negeri.

Adapun topik besar yang diangkat dalam event skala internasional ini adalah : security, stability, human security, dan human welfare.

Dalam pelaksanaanya, keempat topik tersebut akan diisi oleh pakar dari masing-masing enam pembicara yang berfokus pada defense studies dan defense technologies.

Sementara area yang dibicarakan dalam topik Security meliputi aplikasi anggaran belanja militer dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia, Tren industri pertahanan dan pengaruhnya terhadap stabilitas kawasan. 
Selain itu, dikupas juga masalah ekonomi politik untuk pertahanan negara-negara ASEAN, Ground Base Air Defense (GBAD), serta energi terbarukan untuk kebutuhan militer hingga tren teknologi dari industri pertahanan Indonesia, sekaligus dampaknya pada stabilitas kawasan.

Dalam topik Stability akan memaparkan bagaimana alternatif terhadap resolusi konflik dari perspektif sosio-budaya dan hukum. Topik terkait tantangan riset kelautan dan tren dari eksplorasi dan eksploitasi sumber daya kelautan di kawasan laut dalam termasuk materi yang akan dibahas hingga tuntas.

Joint development dalam manajemen sumber daya maritim di pertambangan bawah laut termasuk Rare Earth Minerals (REM) juga merupakan topik yang menjadi perhatian dalam senimar.

Dalam topik Human Security yang akan dibahas terkait ancaman asimetris, ketahanan pangan, hingga blue and green energy untuk keamanan nasional.

Topik lainnya yang tidak kalah menarik terkait  Human Welfare, dibahasnya kerjasama internasional untuk menyukseskan deradikalisasi dan ekonomi pertahanan dalam mewujudkan human welfare, hingga penggunaan manajemen bencana pencapaian resolusi konflik. (ef)

Related

TNI 765670952741953969
jasa-ekspedisi
Ajang Berita

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

Jumlah Pengunjung

item