Rusia Tingkatkan Pengembangan Energi Nuklir di Asia Tenggara

Jakarta -Moskow, Rusia Tingkatkan Pengembangan Energi Nuklir di Asia Tenggara. BUMN Nuklir asal Rusia, ROSATOM, menandatangani roadmap kerjasama penggunaan energi atom untuk tujuan damai dengan Laos.

Penandatanganan dilakukan antara Kementerian Energi dan Pertambangan Republik Laos yang diwakili oleh Sinava Souphanouvong selaku Wakil Menteri Energi dan Pertambangan Laos dan ROSATOM yang diwakili oleh Nikolay Spassky selaku Wakil CEO ROSATOM.



Dalam hal ini Rusia menawarkan pengembangan infrastruktur nuklir, pelatihan personil, pasokan produk dan layanan siklus bahan bakar nuklir.

Untuk diketahui bahwa roadmap ini juga mencakup kerjasama di masa depan dalam penggunaan teknologi radiasi di sektor industri, kedokteran, pertanian, serta lingkungan.

Selain Laos, Rusia juga telah menyepakati kerjasama pengembangan penggunaan energi nuklir untuk tujuan damai bersama dengan Kamboja. Penandatanganan antara ROSATOM dan Dewan Nasional untuk Pembangunan Berkelanjutan Kerajaan Kamboja ini dilakukan pada Konferensi Umum Badan Energi Atom Internasional (International Atomic Energy Agency/ IAEA) ke-61 di Wina, Austria, pertengahan September lalu.

Rusia menilai jalinan kerjasama dengan Laos dan Kamboja karena negara negara di kawasan Asia Tenggara itu merupakan kawasan dengan tingkat pertumbuhan ekonomi dan industri yang pesat sehingga perlu kestabilan pasokan energi yang besar dan berkelanjutan, dan Nuklir merupakan sumber energi alternatif yang bisa mendukung pertumbuhan ekonomi di kawasan ini.

Bukan itu saja, Rusia pun melakukan hal yang sama seperti kepada Mesir, India dan Brasil. (ef)

Related

Peristiwa 2892903802904093050
jasa-ekspedisi
Ajang Berita

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

Jumlah Pengunjung

item