Perkuat Bisnis Perawatan Komponen Pesawat, GMF Menjadi Tuan Rumah IATP Conference dan Membangun Fasilitas Landing Gear Shop
https://www.jakartaforum.web.id/2018/10/perkuat-bisnis-perawatan-komponen.html
Jakarta - GMF resmikan fasilitas barunya ; Landing Gear Shop, yang merupakan kesiapan GMF dalam meningkatkan kapabilitasnya khususnya dalam bisnis component services
President & CEO GMF, Iwan Joeniarto memberikan sambutannya dalam GALA Dinner IATP dimana GMF menjadi tuan rumah. Kesempatan ini menjadi ajang interaksi untuk memperluas network GMF sebagai
Pusat perawatan pesawat berkelas dunia.
PT Garuda Maintenance Facility (GMF) Aero Asia Tbk., bekerja sama dengan Garuda Indonesia menjadi tuan rumah acara “The 118th International Airlines Technical Pool (IATP) 2018” yang diselenggarakan pada tanggal 6 – 10 Oktober 2018 di Hotel Marriott Yogyakarta.
Konferensi tingkat dunia ini dihadiri oleh lebih dari 400 delegasi yang merupakan member dari asosiasi IATP baik dari airlines, supplier, dan OEM. Tujuan konferensi yang diselenggarakan oleh asosiasi IATP ini sendiri adalah untuk mengidentifikasi peluang bisnis pooling dan menegosiasikan syarat dan ketentuan dalam bisnis pooling di waktu mendatang.
Para peserta konferensi ini juga memiliki kesempatan untuk menghadiri berbagai sesi yang memberikan pengetahuan terbaru tentang aktivitas pooling dan industri penerbangan secara umum. Direktur Utama GMF AeroAsia Iwan Joeniarto mengatakan bahwa kesempatan untuk menjadi tuan rumah ini menjadi satu peluang besar bagi GMF dalam melebarkan sayapnya sebagai pelaku bisnis perawatan pesawat berkelasinternasional. “Kami berterima kasih kepada IATP yang sudah mempercayakan GMF dan Indonesia untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan konferensi ini.
Konferensi ini memberikan banyak peluang untuk dapat bertukar pengetahuan, network, dan peluang bisnis, terutama dalam bisnis pooling komponen dan line maintenance,” kata Iwan. Iwan juga menambahkan bahwa melalui acara ini, GMF juga dapat memperluas eksposure GMF sebagai salah satu MRO besar di Asia yang memiliki visi untuk menjadi MRO Top 10 di dunia pada 3 tahun mendatang. “Kami akan memanfaatkan kesempatan ini untuk dapat berinteraksi dengan pelanggan kami serta menambah network dengan pelaku dunia aviasi lainnya,” tambahnya.
Fasilitas Landing Gear Shop Diresmikan
Sebagai tuan rumah dan partner penyelenggara konferensi tingkat dunia tersebut, GMF juga berkesempatan untuk mengundang para delegasi IATP mengunjungi fasilitas GMF di Cengkareng pada sekaligus menyaksikan peresmian fasilitas terbarunya, Landing Gear Shop (11/10). Facility visit ini bertujuan untuk memberikan gambaran riil bagi para peserta IATP conference yang sebagian juga merupakan airline customer GMF atas fasilitas-fasilitas perawatan pesawat GMF secara rinci.
Direktur Bisnis & Base Maintenance GMF Tazar Marta Kurniawan mengatakan bahwa fasilitas GMF yang sudah memenuhi standar MRO kelas dunia ini patut untuk dilihat secara langsung oleh para customer dan pelaku aviasi lainnya. “Apalagi dengan hari ini juga diresmikannya Landing Gear Shop GMF semakin membuktikan kesiapan GMF dalam meningkatkan kapabilitasnya khususnya dalam bisnis component services,” kata Tazar. Tazar juga mengatakan bahwa GMF saat ini telah mengembangkan kemampuan untuk melakukan Overhaul Landing Gear Boeing 737-NG secara in-house dengan otorisasi dari FAA dan EASA. “Dengan tambahan fasilitas baru ini, GMF AeroAsia akan mampu melakukan perawatan hingga 25 landing gear per tahun,” ungkapnya. Tools untuk Overhaul Maintenance Landing Gear di fasilitas workshop baru ini termasuk fasilitas treatment repair yang bersamaan dengan electroplating, heat treatment, dan machinery; cleaning, baik mekanikal dan chemical; supplementary treatment, seperti flap peening dan stylus cadmium plating; serta laboratory yang komprehensif untuk mendukung prosesnya. “Untuk mendukung operasional Landing Gear Shop kami, kami telah menyiapkan tim yang terdiri dari SDM yang paling berkualitas. Kami juga telah menambahkan jumlah teknisi dan staf bersertifikat yang didukung oleh teknisi terlatih kami untuk mengoperasikan semua fasilitas di Landing Gear Shop” tambah Tazar.
Dengan fasilitas Landing Gear Shop baru ini menjadi pada tahun 2019 GMF AeroAsia memiliki target untuk mencapai 45 hari TAT untuk memperbaiki landing gear. GMF juga memiliki rencana untuk terus mengembangkan kapabilitas untuk jenis pesawat lain seperti ATR 72 dan Airbus A320 kedepannya. Selain itu, sebagai komitmen untuk menjadi perusahaan yang memiliki kepedulian yang kuat terhadap lingkungan, fasilitas baru Landing Gear Shop ini dilengkapi dengan sistem scrubber, sistem daur ulang, dan boiler. “Apa yang telah kami siapkan untuk menjalankan fasilitas ini akan membantu kami untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan kami. Fasilitas baru, kemampuan baru, ini adalah komitmen kami untuk selalu menjadi penyedia solusi total MRO yang lebih baik untuk semua pelanggan di seluruh dunia,” tutup Tazar.