Jajaran Pushidrosal Jaga Kepercayaan Dunia Internasional

Jakarta - Kiprah dan peran Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) telah diakui di kancah internasional. Hal ini dapat dilihat dari apresiasi berbagai organisasi hidrografi dunia atas kinerja Pushidrosal selama ini. Berkaitan dengan hal ini,  Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H menekankan kepada seluruh jajaran Pushidrosal agar kepercayaan internasional tersebut harus selalu dijaga.

Hal itu disampaikannya saat memimpin apel khusus di lapangan apel Mako Pushidrosal, Ancol Timur, Jakarta Utara, Senin (4/03/2019).


Dalam apel yang diikuti seluruh jajaran Pushidrosal itu, Kapushidrosal menyampaikan bahwa kepercayan internasional itu tidak datang dengan sendirinya, tetapi berkat kerja keras seluruh jajaran Pushidrosal menggapai keberhasilan dan kemajuan dalam mengembangkan kapasitas kantor hidrografi.

“Kita patut berbangga atas berbagai prestasi dan keberhasilan yang telah kita capai, baik di level nasional, regional maupun internasional. Semua ini berkat kerjasama, dedikasi dan loyalitas yang tinggi seluruh personel Pushidrosal, oleh sebab itu semua itu harus dipertahankan dan selalu dijaga, dengan selalu meningkatkan kinerja Pushidrosal’ kata Kapushidrosal.

Pada kesempatan itu orang nomor satu di jajaran Pushidrosal ini menyampaikan beberapa capaian Pushidrosal selama ini, di antaranya Pushidrosal telah menjadi anggota dewan atau council member di Internasional Hydrographic Organization (IHO). Sebagai council member Pushidrosal turut menentukan keputusan-keputusan strategis di organisasi tersebut. 

Pushidrosal yang merupakan wakil dan representasi pemerintah Indonesia di kancah internasional di bidang hidrografi. Pada lingkup regional Kapushidrosal  dipercaya menjadi Vice Chair East Asia Hydrographic Commission (EAHC) dan Vice Chair CHC EAHC dan Vice Chair  TRDC-BOD EAHC, posisi Vice Chair menjadi sangat penting yang berarti kedepan akan menjadi Chairman pada periode berikutnya.

Saat ini Pushidrosal juga dipercaya menjadi Chairman sekaligus sebagai Administrator MSS ENC (Malacca Singapore Strait Electronic Navigational Charts)  menggantikan Singapura. 

Penunjukan Indonesia sebagai anggota dewan dan Chairman serta Vice Chairman di beberapa organisasi baik Internasional maupun regional merupakan  kepercayaan  dunia internasional terhadap Pushidrosal, atas kapabilitasnya dan perkembangan yang signifikan di bidang, Hidrografi dan oseanografi serta pengelolaa  Marine Spatial Data Infrastructure (MSDI), dalam rangka mendukung terciptanya keamanan dan keselamatan navigasi di laut baik u tuk kepentingan nasional, regional maupun internasional.  Salah satunya adalah keselamatan navigasi di Selat Malaka dan Selat Singapura, sebagai salah satu alur pelayaran terpadat di dunia.

Di tingkat nasional, Pushidrosal selalu membangun sinergitas dengan Kementerian maupun Badan-Badan yang terkait dengan tugas Pushidrosal. Pushidrosal merupakan staf teknis Kemenlu dalam perundingan batas maritim dengan negara tetangga, penelitian kelautan dengan Kemeko Maritim, perlindungan lingkungan laut dengan KLHK, zonasi laut dan pembuatan Peta Tematik Pariwisata dengan KKP, penggelaran pipa telekomunikasi dengan Kemenkominfo, penggelaran pipa bawah laut dengan SKK Migas, riset kelautan dengan BPPT, kerjasama bidang meteorologi dengan BMKG, LIPI, kerjasama aktif dengan Basarnas maupun KNKT dalam pelaksanaan SAR di laut, serta bersama Kemenhub terlibat aktif dalam proses disetujuinya Traffic Separation Scheme (TSS) di Selat Sunda dan Selat Lombok dalam sidang IMO beberapa waktu yang lalu.

Related

TNI 5671171953723781389
jasa-ekspedisi
Ajang Berita

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

Jumlah Pengunjung

item