Jokowi Lantik Gubernur Kalut Zainal Paliwang

Jakarta Forum -JakartaForum- Jakarta. Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik  Gubernur Kalimantan Utara (Kalut) Zainal Arifin Paliwang dan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey . Mereka resmi menjabat gubernur periode 2021-2024.

Pelantikan berlangsung di ruangan Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (15/2/2021). Adapun Zainal Paliwang berpasangan dengan Yansen Tipa Padan adalah pasangan Gubernur-Wagub Kalimantan Utara (Kalut) yang sebelumnya di jabat oleh Irianto Lambrie.

 

Presiden Jokowi Melantik Pejabat di Istana Negara Foto: Detik.Com
 

Sementara itu, Olly Dondokambey berpasangan dengan Steven Octavianus Estefanus Kandouw. Keduanya adalah pasangan Gubernur-Wagub Sulut petahana.

 

Prosesi pelantikan Gubernur-Wagub Kalut dan Gubernur-Wagub Sulut ini diawali dengan lagu kebangsaan 'Indonesia Raya'. Pengangkatan  Zainal Paliwang-Yansen TP Olly Dondokambey-Steven OE Kandouw dan didasari Keputusan Presiden Nomor 19/P/2021 dan 21/P/2021.

Zainal Paliwang-Yansen TP serta Olly Dondokambey-Steven OE Kandouw mengucapkan sumpah jabatan yang dipandu oleh Jokowi. Berikut isi sumpah jabatan yang disampaikan Olly-Steven dan Zainal-Yansen:

Demi Allah/Demi Tuhan saya bersumpah/saya berjanji akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur/sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa.

Setelah pelantikan, Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin memberikan ucapan selamat kepada Zainal-Yansen. dan Olly-Steven Acara ditutup sesi foto bersama.[edi/Jf].





Related

Peristiwa 2394513085323556598
jasa-ekspedisi
Ajang Berita

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

Jumlah Pengunjung

item