IndoBeauty Expo 2024 Dorong Industri Kosmetika Lokal Untuk Go Internasional

 
Jakarta Forum - Jakarta, Trend kecantikan dan e-commerce mengakibatkan pertumbuhan industri kosmetika tanah air di tengah gempuran produk kosmetika luar negeri. 

Data Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) menyebut terjadi peningkatan pertumbuhan jumlah pelaku usaha kosmetik dari jumlah 819 pada 2021 menjadi 913 pada 2022. Hal ini setara dengan pertumbuhan sebesar 20,6% pada 2022. Pada 2023, industri kosmetik di Indonesia tumbuh sebesar 21,9%, yakni dari 913 perusahaan di 2022 menjadi 1.010 perusahaan.

 
Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menjabarkan bahwa industri kosmetik tumbuh 43,11 persen di periode 2020–2023 atau menyumbang 6,8 persen PDB (Produk Domestik Bruto) industri sektor pengolahan setelah industri makanan sebesar 17,2 persen.

Melihat hal itu, selama 31 Juli - 2 Agustus 2024 bakal digelar pameran industri kosmetika IndoBeauty Expo 2024 di Jakarta Internasional Expo, Kemayoran yang diselenggarakan Krista Exhibitions.

Daud D Salim selaku Chief Executive Officer (CEO) Krista Exhibitions mengatakan IndoBeauty 2024 akan menghadirkan 170 perusahaan di bidang kosmetik, perawatan kulit, produk wewangian dan rambut, peralatan dan teknologi pengemasan.

Selain Indonesia, pameran ini akan diikuti negara lain, antara lain Selandia Baru, Uni Emirat Arab, China, Korea Selatan, Filipina, Thailand, Malaysia, Singapura, Jepang, Taiwan, dan India.

"Untuk Indonesia akan diikuti lebih dari 30 perusahaan perintis atau start-up yang memamerkan produk-produk kecantikan yang sesuai dengan permintaan potensi pasar domestic dan diharapkan dapat tembus pasar International," ujar Daud D. Salim selaku CEO Krista Exhibitions dalam press conference IndoBeauty Expo 2024 secara zoom di Jakarta, Jum'at sore (26/7/2024).

Menurutnya, industri kecantikan terus berkembang kearah positif di setiap tahunnya. Begitupun pameran yang telah diselenggarakan ke 14 kalinya mengalami kenaikan jumlah peserta sekitar 30% dari tahun lalu. 

"Kami optimis melalui pameran ini dapat mendorong pengembangan industri komestik tanah agar go internasional mampu berdaya saing di pasar global. Melalui pameran ini dapat memberikan informasi kepada pengusaha di bidang kecantikan untuk mendapatkan inovasi teknologi maupun produk terbaru bagi wanita, pria, anak-anak bahkan balita," ungkapnya. 

Daud mengklaim pameran IndoBeauty Expo 2024 ini hadir sebagai platform terlengkap untuk menjawab permintaan pasar dalam negeri yang cukup besar dan saat ini banyak perusahaan kosmetik Indonesia yang hadir untuk memenuhi perkembangan permintaan masyarakat dengan memproduksi berbagai produk kosmetik dan kecantikan yang berkualitas. 

"Kami mentargetkan 12.000 pengunjung akan hadir dalam 3 hari pameran ini," katanya.

IndoBeauty Expo 2024 akan menampilkan berbagai kategori produk dan peralatan di bidang kecantikan dan kesehatan, yaitu Brand Skin Care atau Perawatan Kulit, Brand Color Cosmetic atau Make up, Brand Parfume, Manufacture atau Pabrik Skin Care, Perawatan Kulit, Pabrik Color Cosmetic, Hair Care Device atau Perawatan rambut, Aesthetic, Spa dan Wellness Clinic, Dermatology Device, Alat dan Mesin untuk Klinik Kecantikan, Packaging atau Pengemasan Produk,Trading & Import Consultant, Inkjet Printing Technology.

Pameran ini juga bersifat edukatif dengan menyuguhkan berbagai rangkaian acara seperti seminar, talkshow dan demo kecantikan maupun skincare di industri kosmetika yang menghadirkan pembicara dari dalam dan luar negeri.

Diantaranya talk sow dokter-dokter dari DermatoVen dengan tema “ Waspada Bahaya Kanker Kulit”, Evolusi Herbal dengan tema “Generasi Muda Anti Jompo”, Neo Kosmetika dengan tema “Industri Apa Cuma BPOM?”, VERSI dengan tema “Personal Color& Style”, Sukma Skin Treatment dengan tema “Mengenal Skin Care, Bahan-bahan berbahaya yang belum diketahui masyarakat, dan cara mendeteksinya” dan masih banyak acara yang dapat diikuti oleh pengunjung.

Pameran ini terselenggara atas dukungan semua pihak di antaranya 
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perdagangan RI, Kementerian Perindustrian, Perhimpunan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetik (PPAK) Indonesia, Asosiasi Pengusaha Suplemen Kesehatan Indonesia (APSKI), Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO).

Pameran terbuka bagi para pelaku bisnis kecantikan dan yang tertarik untuk masuk menggeluti sektor kecantikan serta masyarakat umum. 

"IndoBeauty Expo 2024 dibuka selama tiga hari mulai dari pukul 10.00 hingga 19.00 WIB. Para penguniung tidak diperkenakan membawa anak berusia di bawah 14 tahun. Para pengunjung dapat melakukan registrasi online melalui link 
https://register.kristaonline.com/visitor/indobeautyexpo secara langsung di lokasi pameran dengan membawa undangan yang telah dikirimkan oleh pihak Krista Exhibitons. [rudi]

Related

Perusahaan 101060053959036997
jasa-ekspedisi
Ajang Berita

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

Jumlah Pengunjung

item